blog mya wuryandari

MENGENAL DAN MEMASANG GOOGLE ANALYTICS DI BLOGSPOT

Posting Komentar

 

ga
Bismillahirrohmaanirrohiim.

Waktu baca istilah GA yang suka disebut-sebut di grup blog coaching bener-bener blank nggak tau apa itu GA. Mau nanya nanya tapi masih berjuang juga nyerna materi dan ngerjain tugas yang udah tayang. Alhamdulillah masih semangat untuk lanjutin step by step jadi blogger beneran, hehehe sekarang masih belajar. Coach suka bilang ada waktunya, jadi ya saya juga berharap akan ada saatnya GA ini dibahas dan diajarkan. 

Bener deh Alhamdulillah, coach Marita akhirnya kasih materi GA ini padahal di batch coaching sebelumnya ini materi bonus. Tapi karena beberapa peserta (tentu saja bukan saya wkwkwk) sudah keren-keren blognya dan siap jadi blogger pro, maka coach berbaik hati menyegerakan materi tentang mengenal dan memasang google analytics.

Nah di sini, saya ingin cerita sedikit tentang si GA yang ternyata nama panjangnya adalah Google Analytics ini, yang kata coach merupakan tool penting untuk para blogger, apalagi yang niat jadi professional ya. Tadinya saya juga udah worry duluan nih nyampe ga ya ni otak buat nyerna yang begini-beginian, wkwkwkwk. Sama seperti saat memasang domain dan menata template blog dengan pihak ketiga, heu… butuh perjuangan karena butuh keheningan hehehe. Tapi ternyata bisa juga, yeay..alhamdulillah. Karenanya selain sebagai tugas, saya juga mau bagikan nih tentang mengenal dan memasang Google Analytics di blogspot.

Berkenalan dengan Google Analytics

Apa sih sebenernya si google analytics ini? Menurut Wikipedia,

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web.
Google Analytics adalah tool wajib bagi pemilik website. Dengan menginstall Google Analytics di website, kita bisa dengan mudah memantau trafik web. Nah begitu juga dengan blog kita. Untuk memantau trafik blog kita perlu tool, nah google analytics ini lah toolnya.

Kan sudah ada menu stats d dashboard? Ya, itu bisa juga sih, tapi tidak lengkap teman-teman. Bukan sekedar trafik saja yang bisa kita intip. Platform ini juga menyediakan berbagai data soal performa sebuah situs. Mulai dari dari mana sumber trafik, data demografi pengunjung, konten populer, dan lain-lain.

Dan menurut coach Marita, cara perhitungan page view antara google analytics sama stats di dashboard itu ngga sama. Perhitungan jumlah page view lebih disarankan menggunakan google analytics, karena lebih lengkap dan lebih akurat. Beberapa pengguna jasa blogger pun kerap meminta hasil skrinsut page view dari google analytics ini.

Apa pentingnya memasang google analytics?

Awalnya, saya juga bertanya-tanya seberapa penting sih masang si GA ini. Google Analytics memungkinkan kita dapat dengan mudah mengetahui informasi terkait dengan pengunjung atau aktivitas pengunjung pada sebuah blog atau web. Nah pada kepo ga sama pengunjung blog kita? Hehehe. Karenanya, agar kita bisa menganalisis pengunjung blog atau web kita, kita perlu di google analytics ini.

Tidak hanya mengumpulkan informasi pengunjung, Google Analytics juga mengamati/mengumpulkan data mengenai kinerja Search Engine Optimization (SEO) website pada mesin pencarian google.

Sambil jalan nanti kita liat di google analytics ada apa aja, kita pelan-pelan akan mengetahui pentingnya tool ini ya teman-teman, insyaAllah. Jadi kita lanjut dulu ya…

Memasang Google Analytics

Baiklah kita masuk ke cara memasang google analytics ini untuk blog kita ya, tentu saja ini untuk blogspot hehe karena saya pakai blogspot. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka URL Google Analytics

welcome GA
Buka langsung aja ya https://analytics.google.com/. Lalu klik “start measuring” atau “mulai mengukur.” Kalo device kita sudah on google biasanya ga perlu login lagi ya langsung ke step selanjutnya

2. Buat Akun

akun

Tahap ini kita diminta membuat akun GA. Nama akunnya bisa pakai nama kita, atau nama blog. Kemudian Google meminta persetujuan untuk mengirimkan informasi terkait GA via email. Jika berkenan isi centangnya. Lalu klik “next”

Kata coach, dalam 1 GA bisa lebih dari 1 akun. 1 akun bisa digunakan untuk lebih dari 1 property/ 1 ID pelacakan

3. Buat Properti

property
Saatnya isi nama property atau nama blog kita ya. Jangan lupa sesuaikan zona dan mata uang. Klik advance option. Kemudian on kan ikon di Create a Universal Analytics property, lalu isi url situs. Jika kita sudah mengaktifkan https di blog, maka pilih yang https. Di bagian bawah, pilih yang pilihan pertama Create both a Google Analytics 4 and a Universal Analytics property. Klik next.

4. Isi Informasi bisnis

Tinggal klik-klik yang mau dipilih ya di sini, di skip juga boleh. picnya lupa saya screenshot, hehehe.

Oya, kalo pilih pasang GA4 sekalian UA jangan lupa dikoneksikan ya. Caranya di bagian admin, pilih properti yang UA. lalu pilih G4A Setup Assistant.pilih nomor 2 ya karena kita sudah sekaligus buat GA tadi. I want to connect an existing, ini yang kita pilih untuk di koneksikan. Kalau sudah ada tanda connected atau terhubung berarti antara UA dan G4A sudah terkoneksi.

Nah, kalau sudah begini sudah terpasang insyaAllah ya teman, GA sudah bisa bekerja alhamdulillaah. Awal pasang GA memang angkanya o semua, baru akan ada perubahan setelah 1x24 jam. Hehe saya juga tanya-tanya teman dan mba Coach kuatir belum berhasil pasangnya. Tapi ya memang blognya seperti baru dilahirkan kembali karena masih newbi yang punya, hihihihi. Untuk fitur fitur di GA dan penjelasannya bisa belajar di sini.

Begitulah sekilas tentang Google analytics dan cara pasangnya. Semoga bermanfaat dan menambah informasi, semangat selalu untuk belajar yaa…

salam, ummi mya









Related Posts

Posting Komentar