blog mya wuryandari

Utak Atik Template Blog Agar SEO Friendly

6 komentar


audit blog
cek hasil akhir di seoptimer

Assalamu’alaykum, pembelajar.

Utak atik tampilan blog itu memang menyenangkan tapi kadang bikin geregetan. Iya, seperti sekarang ini. Sedang berbahagia lantaran bisa rubah settingan blog supaya lebih enak dilihat sekaligus lebih SEO friendly.  Selain tampilannya yang lebih menarik, secara kaidah SEO settingan blog nya jadi lebih SEO friendly. Tapi tetep geregetan karena masih ada yang bingung harus ubah-ubah kode settingan yang njelimet ini. Akhirnya, berhenti dulu deh. Walaupun masih gatel, dicukupkan dulu untuk menerima tampilan yang sekarang, kapan-kapan kita setting ulang, hehehe.

Kali ini saya akan sharing sedikit pengalaman dalam mengubah tampilan blog. Bukan tutorial lengkap sih, kalau mau tutorial lengkap silakan belajar di tongkrongan blogger cupu yang memang dibuat oleh Mba Marita untuk membantu blogger-blogger newbie seperti saya ini, hihihi.

Siapkan 3 Kunci Sebelum Memulai

Sebelum mulai sharing, kita siapkan diri dulu untuk belajar ya teman-teman. Nasehat dari Mba Marita, ada 3 kunci yang perlu disiapkan dalam memulai utak atik template blog agar SEO friendly :

1.      Berani

Jangan takut ya pembelajar. Pembelajar sejati tentu saja tidak takut hal baru yakan. Jangan pernah bilang, ah susah nih, aku ga bisa.. kalau tidak berani mencoba maka selamanya tidak bisa. Jadi, kumpulkan keberanianmu untuk memulai utak atik, dan yakinlah semuanya akan baik-naik saja. Ya palingan ulang-ulang setting itu kan mah biasa yaa, hihihi

2.       Fokus

Kunci ke dua nih, jangan sampai nggak dibawa serta. Kunci ini bisa mempercepat prosesnya ya. Karena ketika fokus, kita bisa lebih cepat nyambung dan memahami prosedur utak atiknya. Saya juga pernah memaksakan melakukannya di jam hectic, banyak gangguan dan iklan, alhasil malah bingung karena lupa tadi sudah sampai mana, hehe jangan ditiru ya

3.       Sabar

Kunci yang ini juga tidak boleh ketinggalan. Bersabarlah jika belum bisa, tetap berjuang sampai bisa…ingatlah kegagalan itu adalah keberhasilan yang tertunda. Kita hanya perlu mengulanginya, hehehehe.


Sudah siap untuk mengutak atik template blog?

Saya menggunakan template unduhan “pihak ke 3”, bukan sekedar utak atik template blog bawaan blogspot. Nah, sebelum sharing prosesnya, saya ingin berbagi sedikit yang sudah disampaikan Mba Marita tentang mengapa sampai memakai pihak ke 3 untuk merubah template blog.

blog lama
blog lama 

blog baru
blog baru


Mengapa Memilih Template Unduhan?

Alasannya adalah, karena template bawaan dari blogspot kebanyakan belum SEO friendly sekaligus belum responsive/mobile friendly. Karena ada beberapa pertimbangan penting dalam memilih template antara lain kecepatannya dan sesuai kaidah SEO atau belum.

Lagipula, tersedia template unduhan yang cukup baik dan SEO friendly yang gratis..jadi, sedikit rumit dengan hasil yang jauh lebih baik kenapa tidak, ya kaaan.

Memilih Template Unduhan yang Tepat

Lalu bagaimana memilih template unduhan yang sesuai dengan kaidah SEO? Ada hal yang perlu diperhatikan menurut Mba Marita, antara lain;

1. Tampilan Nyaman di Berbagai Mode

Kita bisa cek melalui demo blog tersebut dan melihat apakah template itu bisa responsive atau bisa menyesuaikan baik saat dibuka dengan website mode atau mobile mode. Kareba penggunaan HP saat ini sudah memudahkan mengakses berbagai hal, maka akan lebih baik jika template yang kita gunakan adalah template yang responsive baik untuk diakses melalui website ataupun mobile. Cara lengkap mengeceknya teman-teman pembelajar bisa cek di sini ya.

2. Fast Loading

Sebelum mengunduh template yang diinginkan, ada baiknya cek terlebih dahulu pula kecepatan loading suatu template, bisa menggunakan situs https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/. Walaupun sudah responsive, terkadang template akan cenderung lebih lambat ketika dibuka dengan versi mobile.

3. Sudah Mendukung SEO

Kita bisa menggunakan Seoptimer.com untuk mengecek seberapa SEO friendly nya tema yang kita akan unduh.

4. Mudah Setelannya

Nah ini menjadi hal penting banget buat ibu-ibu seperti saya yang nggak jago ngulik html. Karena kudu fokus yakan, nanti kalo ditinggal lupa deh udah ngulik apa dan sampai mana nguliknya, hadeeh..

Maka hal terpenting yang harus kita lakukan adalah mengecek dokumentasinya. Semakin komplit dokumentasi atau panduan setelan yang diberikan, semakin mudah bagi kita untuk memasang template tersebut di blog. Sebaiknya pilih template yang setelannya bisa dilakukan di bagian kustomisasi tema, tanpa perlu mengulik html terlalu banyak. Karena meski sudah berlabel SEO friendly, masih ada beberapa hal yang perlu diulik lebih lanjut.

Sekilas tentang Fiksioner

Sebenarnya, ada banyak template unduhan gratis, beberapa diataranya ada di Blantertheme, Fiksioner atau di Gooyabitemplates. Namun saya memilih Fiksioner yang cukup SEO friendly dan lebih mudah diaplikasikan serta tidak bingung karena banyak templatenya. Dan ketika membaca keterangan mengapa ada template di Fiksioner yang gratis dan berbayar padahal keduanya sama, hanya karena ada yang tidak ingin disertakan nama desainer di footer. Akhirnya dibuatkan premium yang berbayar untuk yang ingin menghilangkan nama di footer.

Teman-teman biasa mengakses unduhan template nya di sini.

Mengunduh dan Memasang Template Fiksioner

Meskipun fiksioner termasuk yang mudah diaplikasikan, namun tetap njelimet bagi saya. Karenanya ketika berhasil unduh dan mengcopy paste file xml, tampilan blog yang berubah membuat saya bahagia, namun ketika rubah-rubah settingan tiba-tiba gambar postingan di homepage hilang semua, huaa.. takut jadinya.

Beruntungnya kami di blogcoaching ini punya grup yang siap memberi jawaban setiap kebingungan saya hehehe, Alhamdulillah. Settingan edit dari coach pun akhirnya menjadi jalan ninja untuk memperbaiki. Meski masih ada yang perlu diutak atik, paling tidak sudah bertemu titik terang yang tadinya bener-bener gelap gulita, wkwkwkwk.

Bagaimanapun, ini belum selesai ya teman-teman. Ini baru awalan, dan saya sangat bersyukur berada dalam gerbong blogcoaching ini. Pengajar yang baik hati serta teman-teman yang supportif adalah bagian dari yang mewujudkan blog ini sampai di tampilannya saat ini. Terimakasih ya semuanya, luv you all

Akhirnya, inilah sedikit yang saya ingin bagikan kepada teman-teman pembelajar. Jangan pernah takut belajar hal yang baru. Karena sejatinya belajar adalah mencoba hal yang baru. Terimakasih sudah mampir baca ya.. semangat selalu

 

Salam,

Ummi Mya

Related Posts

6 komentar

  1. Yeiy alhamdulillah... Tampilan baru blog nya. Soga makin semangat nulisnya ya mbak

    BalasHapus
  2. Keren bangeet. Jadi mupeng. Semangat, Bu Mya!

    BalasHapus
  3. hwkakakakkaa kok sama sih mbak.. pas udah berhasil pasang ada yg ilang auto panik uey..

    btw congrats mbak akhirnya bisa berubah deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gimana udah mepet pun garapnya huhuhu..mau berusaha supaya jadi minal awwalin garap tugas hihihi

      makasih ya mba..

      Hapus

Posting Komentar