blog mya wuryandari

Optimalkan Hometreatment dengan Maryam Essential Oil

11 komentar
essential oil


Tidak semua penyakit harus diobati di Rumah Sakit. Hometreatment atau perawatan di rumah bisa menjadi alternatif yang lebih baik. Dalam melaksanakan hometreatment ini tentu saja kita juga perlu berbekal pengetahuan tentang tata laksana perawatan di rumah. Banyak sumber tentang ini ya pembelajar, silakan dicari hehehe. Di sini, saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya dalam melaksanakan hometreatment terutama untuk anak-anak yang sakit. Bersyukur diamanahi 5 anak, artinya ada 5 guru yang menjadi sumber belajar saya menerapkan hometreatment ini.

Dalam perjalanan merawat anak-anak inilah saya menemukan banyak hal, termasuk bahasan kita kali ini, Essential Oil. Anak-anak memiliki alergi yang diturunkan dari saya, sehingga saya pun perlu berhati-hati dalam memberikan asupan ataupun cara pengobatan ketika anak-anak sakit. Sebenarnya sudah pernah tahu tentang essential oil ini namun merk ternama itu harganya perlu merogoh kocek cukup dalam. Beruntung kemudian saya bertemu dengan seseorang yang mempelajari penggunaan Essential Oil dan mengenalkan serta memberi essential oil ketika mengetahui anak saya sedang demam.

Saya pun jadi tertarik mengetahui lebih banyak tentang essential oil karena merasa ini adalah alternatif pilihan yang lower risk dalam memberikan treatmen ketika anak-anak sakit, terutama sakit ringan seperti common cold atau sakit yang disebabkan oleh virus seperti flu singapur, campak, cacar, atau alergi yang kambuh, yang bisa dilakukan pengobatannya cukup di rumah saja. Juga tentu saya karena Maryam Essential Oil ini punya harga yang lebih terjangkau, sukaan ibu-ibu kan ini...

Sebelumnya, putri pertama kami sempat mengalami hepatomegaly (pembesaran hati) karena penggunaan obat ketika dirawat di Rumah Sakit. Putri ke 4 kami juga sempat mengalami reaksi alergi karena penggunaan obat (yang diresepkan dokter) saat ia sakit. Karena inilah kami mengurangi penggunaan obat-obatan jika tidak mendesak sekali. Memilih bersabar ketika anak-anak sakit dan optimalkan hometreatment dengan Maryam Essential Oil.

Mengenal  Essential Oil

Sebelum bicara lebih lanjut tentang berbagai macam essential oil dan manfaatnya, mari kita kenalan dulu dengan essential oil ini.

·         Apa itu Essential Oil?

apa itu essential oil

Essential Oil atau minyak atsiri adalah minyak alami yang diekstrak dari satu jenis tanaman dan binatang tertentu. Untuk yang berasal dari tanaman, biasanya minyak ini didapatkan dari akar, batang, daun, bunga dan buah-buahan yang dibuat dengan distilasi dengan air atau uap  atau dengan pengolahan mekanis (pemerasan atau pressing) atau dengan ekstraksi dari bahan-bahan alami. Setelah proses di atas, minyak atsiri secara fisik dipisahkan dari pelarutnya (air atau pelarut lainnya). (The International Organization for Standardization (ISO) in their Vocabulary of Natural Materials  (ISO/D1S9235.2))

·         Bagaimana Essential Oil diperoleh?

Untuk proses pembuatan Essential Oil, secara umum ada tiga cara:

1) Destilasi/ Penyulingan

Digunakan untuk bahan Essential Oil dengan rendemen besar.

penyulingan eo


2) Ekspresi/ Clod press/ Pengepresan

Digunakan untuk bahan Essential Oil yang umumnya dari kulit jeruk. Namun, metode ini memiliki kerugian karena Essential Oil yang dihasilkan bersifat fototoxic sehingga tidak sarankan untuk menggunakan Essential Oil jenis ini dibawah terik matahari. Semua produk EO jeruk Maryam EO adl metode ini kecuali Kaffir Lime Leaf.

cold press process


3) Ekstraksi solvent (N-Hexane)

Digunakan untuk bahan Essential Oil dengan rendemen kecil, contohnya: Mawar, Melati, Ylang-Ylang, Magnolia, Bakul (Tanjung).

Rendemen adalah kelimpahan EO yg tersimpan dalam suatu bahan. Biasanya ditulis dlm bentuk %. Contoh rendemen citronella adl 0,8%. Misal ada 1kg daun citronella, maka minyak yg didapatkan adl 0,008*1kg= 0,008kg*1000= 8ml. Jadi dari 1 kg bahan citronella hanya dpt 8ml.

Dari penjelasan ini maka dapat dipahami bahwa pantaslah harga EO relatif mahal lebih-lebih jika dibandingkan dengan fragrance.

EO diproses dari sebagian tubuh tumbuhan yg mengandung paling banyak minyak. 

Contoh:

1. Bijih --> carrot seed, coriander, dll.

2. Akar --> vetiver, ginger, plai, dll

3. Kulit kayu--> cinnamon

3. Kayu --> cajuput, sandalwood, agarwood

4. Daun --> basil, eucalyptus, clove leaf

5. Bunga --> lavender, geranium, clove bud 

Baiklah itu sekilas tentang minyak atsiri atau essential oil ya, lebih lanjut lagi kita bahas masing-masing prosesnya ini nanti. Kita lanjutkan bahasan ke manfaatnya ya.


Manfaat Essential Oil

Lalu apa sih manfaatnya si essential oil ini? Manfaat essential oil tentu saja merujuk pada manfaat tanaman penghasil minyaknya itu sendiri. Tiap EO memiliki sumber yang berbeda sehingga minyak yang dihasilkan pun berbeda manfaatnya. 

gugus fungsional eo


Gambar di atas adalah therapeutic properties EO berdasarkan golongan senyawa utama penyusun EO. Ada 7/8 Golongan Penyusun (tergantung peneliti atau ahli membaginya). Dalam ilmu kimia organik biasa disebut dengan gugus fungsional.

Komposisi gugus fungsional sangat menetukan manfaat dari EO atau kandungan efek kesehatannya. Contoh: Clove bud (Maryam EO), memiliki kadar Eugenol hampir 80% maka Clove bud memiliki efek analgesik (pereda rasa sakit) yang cukup tinggi. Jika kita cek, hampir kebanyakan pereda rasa nyeri adalah eugenol atau turunannya. Hal ini dapat dijumpai di beberapa produk yang berkaitan dengan gigi dan gusi.

tabel manfaat eo

Tabel ini adalah gambaran manfaat apa saja yang dapat terkandung dalam essential oil. 


Mengapa Harus Essential Oil?

Di antara alasannya antara lain

    Essential oil adalah ciptaan Allah, bukan rekayasa manusia, sehingga insyaAllah ada  keberkahan di dalamnya

    Essential oil adalah material alami dan bukan sintetis. Essential oil diproduksi dari bahan alami sehingga mendukung tubuh kita untuk melakukan self healing.

    Bukan obat farmasi. Cara kerja eodengan obat kimia sintesis berbeda. Molekul eo murni sngat kecil dan sangat mudah diterima tubuh serta nyaris tanpa efek samping

    Tradisional. Essential oil murni sudah digunakan untuk kesehatan fisik dan spuritualsejak abad k 4 masehi


mengapa eo


Panduan Penggunaan Essential Oil

·       Siapa saja yang boleh menggunakan minyak atsiri?


Penggunaan minyak atsiri sangatlah luas. Penggunaannya tidak terbatas hanya pada manusia saja. Bahkan binatang dan benda mati pun bisa menggunakan minyak atsiri. Secara umum, penggunaan minyak atsiri adalah untuk kesehatan dan perawatan diri. Namun demikian, penggunaan untuk tujuan tertentu memiliki aturan penggunaan tersendiri.

Pada manusia, minyak atsiri dimanfaatkan untuk merawat kulit, rambut, dan untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini terjadi karena minyak atsiri memiliki kandungan anti-bakteri, anti-jamur, anti-mikroba, bahkan anti-virus. Ma Sya Allah. Inilah salah satu bukti kasih sayang Allah bagi umat manusia. Maka, nikmat Rabb-kalian yang mana lagi yang kalian dustakan?

Adapun untuk binatang pemanfaatannya hampir sama dengan manusia. Sedangkan untuk benda mati, biasanya digunakan sebagai bahan pelapis, anti-karat, anti-lapuk dan pemanfaatan lainnya. Benda mati yang biasanya menggunakan minyak atsiri diantaranya adalah furniture, perabot rumah tangga, keris, surat-surat kuno, dll.

·         Kapan Essential Oil digunakan?


     RUTIN, digunakan sehari-hari untuk menjaga kesehatan, seperti pada pemakaian diffuser minyak lavender untuk menyegarkan ruangan dan mengusir nyamuk.

   TERTENTU, digunakan saat terjadi keluhan fisik atau mental, seperti pemakain inhaler aromaterapi untuk mengobati mual, sesak nafas, stres, dll

·       Bagaimana Pemakaian Essential Oil?

Disarankan oleh beberapa ahli agar minyak atsiri tidak dipakai secara langsung, kecuali penanganan khusus. Minyak atsiri hendaknya dilarutkan terlebih dulu. Pelarut minyak atsiri dapat berupa minyak, lemak, atau air. Minyak yang dapat diguanakan sebagai pelaraut minyak atsiri adalah minyak dari jenis minyak nabati. Beberapa contoh minyak nabati yang dapat digunakan adalah minyak kelapa, minyak zaitun, minyak biji anggur, minyak kacang tanah, dll. Adapun untuk pelarut air biasanya digunakan untuk aromaterapi mandi, untuk inhalasi (dihirup melalaui media uap panas). Berikut tabel pedoman pelarutan minyak atsiri untuk berbagai usia.
cara pakai eo1


cara pakai eo2

Pengalaman saya pribadi dalam menggunakan EO ini, selain langsung dihirup dari botolnya, biasa dengan 3 cara. ditetes ke air untu mandi, dicampurkan ke minyak zaitun untuk dibalur-balurkan ke badan, serta didiffuse untuk dihirup uapnya.

Memilih Essential Oil Murni yang Terpercaya

Essential Oil berbeda dengan Fragrance ya, jika kita temukan harga Essential Oil yang sangat murah, coba cek apakah itu kandungannya EO murni atau sekedar fragrance :). Bahasan ini masih panjang, mengapa EO berbeda dengan fragrance.

Alasan utama saya memilih Maryam Essential Oil karena kenal dengan ownernya. Saya percaya EO yang dijual murni karena owner pun menggunakannya juga untuk keluarganya.

Alasan lain mengapa memilih Maryam EO adalah

1. Owner adalah Muslim, sehingga kehalalan EO yang dijual menjadi sesuatu yang mutlak diusahakan
2. Knowledge based company, latar belakang owner yang belajar tentang teknik kimia menjadi landasan ilmu tentang EO ini
3. Bebas konsultasi (08970809565), saya selalu konsultasi tentang keluhan yang dirasakan dengan EO yang cocok, bagaimanapun sesuatu perlu dikonsulkan dengan ahlinya bukan,
4. Solusi berbasis literatur dan pengalaman.  Owner juga memiliki handbook penggunaan EO sehingga kita bisa konsultasi penggunaan EO apa untuk keluhan apa.
5. In sya Allah owner hanya menjual produk murni dan alami

Produk Turunan Essential Oil

Selain EO murni tunggal, Maryam EO juga menyediakan EO blend, yang merupakan racikan dari beberapa EO serta produk alami lainnya seperti healing balm, inhaler, serta minyak balur. lain kali kita bahas lagi ya. supaya pelan-pelan infonya masuk hehehe.


Related Posts

11 komentar

  1. Jujur baru tahu ada produk ini, mb. Biasanya kalau di rumah anak panas saya baluri pakai bawang merah.

    BalasHapus
  2. Menarik bahasannya mba! Ilmu baru yang kudapat kalau selama ini yang kubeli bukan EO tapi fragrance. Kirain sama wkwk

    BalasHapus
  3. Beneran baru tahu ada produk esensial oil ini, aku pun lebih memilih untuk home treatment ketika anak-anak sedikit sakit. Dan alhamdulillah sejauh ini tidak ada sakit yang berarti, semoga kita senantiasa diberikan kesehatan ya bund, apalagi masa-masa kaya gini kesehatan adalah barang mahal ..

    BalasHapus
  4. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Rutin menggunakan essntial oil bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan.

    BalasHapus
  5. Baru tau soal produk ini mba, jujur aku agak kurang paham soal essential oil gini. Kayaknya enak ya kalau bisa langsung konsultasi tentang EO gini

    BalasHapus
  6. essential oil memang terbilang bagus. tapi baru tahu rinciannya d tulisan ini.
    btw, perasaan ku aja atau emng tulisan gambarnya pada burem ya? 😅

    BalasHapus
  7. Ini kesukaan aku banget. Di tempat praktik, aku selalu nyalakan difuser aroma lemongrass. Lumayan bisa bikin stabil emosi kita

    BalasHapus
  8. Wah aku baru tahu produk ini menyimak dari ulasan ini jadi pengen stok di rumah juga nih..

    BalasHapus
  9. Wah, ternyata ada beberapa cara penggunaan essential oil ini ya.. Aku kira hanya bisa digunakan pakai diffuser aja, soalnya belum punya alatnya itu sih.. Hehee,,
    Jadi ingin coba juga nih :D

    BalasHapus
  10. Masya Allah baru tahu kalau ada esensial oil yang bagus seperti ini.

    BalasHapus
  11. Produk lokal ya ini? dari lama pingin beli diffuser dan essential oil tapi nggak jadi-jadi. Paling EO dicampur oil alias blend aja dan dioles ke bagian tubuh tertentu. Pakai diffucer enak juga kayanya

    BalasHapus

Posting Komentar