blog mya wuryandari

Family Camp Seru di Baon Pinus Forest Park

4 komentar

 

family camp
keluarga besar Masjid Al Ikhlas Emerald

Kemah bersama keluarga atau Family Camp terbayang  repot ya, apalagi untuk saya yang anaknya ga sedikit. Tapi ternyata, kerepotan itu terbayarkan dengan keseruan family camp. Apalagi kalo campingnya ga cuma sekeluarga aja tapi beberapa keluarga, waah tambah repot kan tu, eh tambah seruu..

Kali ini saya ingin berbagi keseruan family camp yang pernah kami ikuti bersama keluarga besar Takmir Masjid Al Ikhlas Emerald, Semarang yang dilaksanakan bulan September 2018 lalu, wuaah udah lama banget ya, sebelum corona tiba di negeri kita. Waktu itu anak saya masih 4, Hilya belum ada.  Alhamdulillah, ini menjadi kenangan yang hangat, seru dan menyenangkan sehingga selalu tersimpan di memori.


Manfaat Camping bersama Keluarga

family camp
sarapan di alam


Dari fotonya sudah tergambarkan keseruannya kan. Sebelum menceritakan pengalaman family camp saya ingin berbagi sedikit manfaat dari camping bersama keluarga, barangkali dengan ini bisa menguatkan tekad untuk meng eksekusi rencana camping saat pandemi berakhir nanti.

Baiklah, ternyata family camp memiliki banyak kebaikan dan manfaat yang bisa kita dapat. Antara lain;

  • Mempererat ikatan antar anggota keluarga

Menghabiskan waktu yang sedikit lebih lama di suasana yang berbeda akan meningkatkan interaksi antar keluarga semakin intens. Dengan begitu, ikatan antar anggota keluarga bisamenjadi lebih erat. Jika dilakukan bersama keluarga lain, maka ikatan antar keluarga pun semakin erat.

family hammock


  • Mendekatkan anak kepada alam. 

     Karena dilakukan di area alam terbuka, maka family camp juga akan lebih mendekatkan anak-anak pada alam. Mereka nantinya akan sensitive terhadap isu yang menyangkut lingkungan. Dan bukankah alam merupakan ciptaan Allah yang perlu ditadaburi. Maka mendekat pada alam adalah bagian dari cara mentadaburi ciptaanNya.

  •       Meningkatkan kemandirian dan melatih berada dalam berbagai kondisi

Berada di alam yang bebas membuat segalanya memiliki keterbatasan dibandingkan di rumah. Anak-anak akan belajar memaklumi kondisi yang tidak ideal dan tidak masalah dengan itu.

  •       Menciptakan kenangan

Tentunya kenangan ini yang akan selalu tersimpan, moment moment kebersamaan yang berharga akan selalu terkenang 


Serunya Camping Keluarga Besar Masjid Al Ikhlas

family camp


Awalnya, tidak terpikirkan oleh kami melakukan family camp. Selain kurangnya referensi tempat yang cukup nyaman untuk melakukannya karena kami selalu punya bayi, sudah terbayang repotnya duluan. Jadi family camp itu seakan sesuatu yang sulit dilakukan.

Tiba-tiba pikiran seperti itu hilang setelah saya mendapat tawaran dari abinya anak-anak. Abi pun bercerita bahwa bapak-bapak Takmir Masjid hendak melaksanakan family camp dan mengajak keluarga kami turut serta. Seluruh akomodasi dan transport sudah disediakan. MaasyaAllah, Alhamdulillah. Sudah disiapkan hanya tinggal menyiapkan keperluan pribadi. Begitu supportifnya tetangga-tetangga kami ini.  Akhirnya, bismillah, kami turut serta.

Tempat family camp kami adalah Baon Pinus Forest Park. Lokasinya di Nglimut, Gonoharjo, Kendal. Taman hutan pinus ini memang belum cukup popular, namun pengunjungnya juga cukup ramai. Ada yang sekedar dating menikmati keindahan serta kesejukkan hutan pinus, ber swa foto, namun ada juga yang bermalam atau camping di area camping ground nya.

baon pinus forest park

Kami termasuk yang juga mendirikan tenda di area camping ground untuk berkemah. Berangkat sabtu siang, dari Meteseh Tembalang sampai di sana sore.  Perjalanan dari rumah hanya memakan waktu sekitar 1 -1,5 jam. Ada tim pendahulu yang tiba lebih awal di sana dan mendirikan tenda. jadi ketika kami sampai, bak hotel kamar berupa tenda sudah siap, hehehe. tiap keluarga disediakan 1 tenda. 

Malamnya tim logistik kami, salah satu keluarga yang berbisnis di bidang makanan memasak ayam bakar dengan api kayu, kami pun minum jahe hangat bersama sambil bercengkrama. Malam itu dingin udaranya, namun hangat suasananya. 

Camp Area Baon Pinus Forest Park

baon pinus forest park
bersama hayyina

Untuk berkemah, kita bisa mendirikan tenda di camp area nya. Kami memilih yang tidak terlalu tinggi karena harus membawa barang-barang yang cukup banyak, agar tidak terlalu menghabiskan tenanga karena jarak camp area dari area parkir cukup jauh. Tenda bisa menyewa dipersewaan yang ada di sana atau kita juga bisa membawanya jika punya. Di camp area ini kita bisa tetep dapat akses listrik ya jadi bisa masak pakai rice cooker kalo kita bawa dari rumah, hehehe.

Di area masuk terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Letak camp area yang kami pilih juga dekat dengan mushola dan kamar mandi sehingga memudahkan untuk sholat dan bersih-bersih.

Di bawah camp area ada tempat-tempat yang bisa menjadi area berfoto atau skedar bersantai. Sepertinya sewa hammock juga disediakan, hanya saja dari kami ada yang membawanya. 

family camp
area bawah camping ground

Hiking in The Morning

Kegiatan pagi kami setelah sarapan, berjalan-jalan di sekitar Nglimut, kami dengar di daerah dekat sini ada pemandian air panas. Maka kami berolahraga dengan berjalan kaki menaiki jalan setapak menuju pemandian air anas tersebut. Jalan menuju ke sana terus menanjak, butuh kondisi fisik yang cukup kuat. Anak-anak yang sudah lebih besar sangat bersemangat dan tidak kenal lelah. namun anak yang masih kecil, beberapa tidak kuat sehingga minta digendong, heu heu. Saya sendiri membawa bayi di gendongan.

Saran untuk ibu-ibu yang hendak ikutan, bawalah gendongan yang nyaman. Rekomendasi saya babywrap atau baby carrier sehingga bisa ditopang 2 bahu dan relatif tidak membuat bahu sakit. 

Tentu saja selain bawa minum untuk bekal di jalan, kami juga membawa baju ganti untuk salin setelah berenang nanti. Jika berangkat menanjak, maka kembali jalannya menurun, alhamdulillah lebih mudah. Ini adalah wajah sumringah karena istirahat setelah megap-megap karena jalanan terus menanjak.

family camp
ibu ibu taklim khoirunisa emerald 


Kolam air Panas dan Kolam Air Dingin

Alhamdulillah..setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20-30 menit kami bertemu kolam air panas yang diimaksud. kolam ini berisi air panas ber belerang sehingga dipercaya memiliki kandungan kesehatan. Karena itulah banyak yang berharap mendapatkan khasiat air panas ini sehingga pengunjungnya pun ramai. 

kolam air panas baon

Ternyata ada dua kolam di sini, kolam air panas dan kolam renang air dingin, karena kolam air panas ramai, maka kami memilih ke kolam air dingin saja. Berbeda dengan air panas, kolam air dingin ini lebih luas, sehingga jika banyak orang pun tidak berdesakan . 


renang di nglimut


Di mana mana, maen air adalah seseruan yang paling disukain anak-anak. Karenanya kami biasanya bawa baju renang selalu hehehe. setelah ini kami pualng syukurnya jalan menurun, alhamdulillah, karena bawaan kami semakin berat, bawa baju basah..😅


Begitulah sedikit cerita keseruan family camp kami di 2018 lalu. Sudah agak lama namun masih teringat keseruannya. Semoga pandemi ini segera berakhir dan kita bisa mencoba keseruan-keseruan lainnya. Aamiin.

Related Posts

4 komentar

  1. Masya Allah seruu ya um.. Salah satu wishlist aku yang belum kesampaian itu adalah family camp. Liat ummi cerita keseruan family camp, jadi makin pengin camping juga heuheu.. Tapi belum camping aku udah mikir riweuhnya duluan ^o^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dipikir emang jadi gajalan-jalan mba, riweeeh.. udah langsung berangkat aja hehehe

      Hapus
  2. Ah seru banget camping sama anak2. Impianku bangeeeeeeet. Semoga bisa segera terealisasikan :')

    BalasHapus
  3. aamiin ayuk mba, semoga dimudahkan ya

    BalasHapus

Posting Komentar