blog mya wuryandari

Mengharukan! Chiko Hakim Melepas Sang Istri, Mari Merenungkan Hal Ini

Posting Komentar

 

Innalillaahi wa inna ilaihi roji’un. Kabar duka sepertinya masih mewarnai hari-hari kita kini. Dari kerabat  sampai orang yang kita tak kenal, kabarnya mengisi beranda medsos ataupun masuk ke grup-grup whats app kita. Sedih tentu saja, terutama jika terinformasikan kondisi almarhum.  Kabar yang banyak saya dengar tentang meninggalnya ibu yang berjuang melahirkan. Sang ibu yang terkonfirmasi covid kemudian mengalami penurunan kondisi pasca melahirkan, meninggalkan sang bayi yang berjuang dengan ayahnya.

Begitu pula kabar yang baru-baru ini kita dengar, salah seorang politisi dan pengusaha Chico Hakim. Sang istri tercinta, Citra Soeroso meninggal dunia pada Rabu (14/7/2021) setelah beberapa waktu melahirkan anak keduanya.

Berita di dunia maya pun penuh dengan ungkaan bela sungkawa untuk sang istri, serta penyemangat untuk sang suami, Chico Hakim yang mesih berjuang mendamingi putra yang baru dilahirkan itu agar semakin kuat.

chico hakim dan istri


Di Balik Meninggalnya Istri Chico Hakim

Ada beragam kisah di balik kematian seseorang, pun dengan kabar kematian Istri dari Chico Hakim ini. Duka yang dirasakan keluarga maupun sahabat-sahabatnya, bisa ikut kita rasakan. Ada beberapa hal yang menjadi catatan dan bisa kita renungkan, antara lain;

1.   Meninggal setelah melahirkan. Diketahui dari beberapa unggahan duka cita para sahabat kedua pasangan ini, Citra meninggal di rumah sakit setelah menjalani perawatan. Wanita bernama lengkap Citra Pranindita Soeroso itu diduga meninggal dunia setelah melahirkan.

Adapun meninggal karena melahirkan, memiliki keutamaan tersendiri.

"…Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 'kesyahidan itu ada tujuh, selain gugur dalam perang, orang yang mati karena keracunan, tenggelam dalam air, terserang virus, terkena lepra, terbakar api, tertimbun bangunan dan perempuan yang meninggal karena melahirkan." (HR Abu Dawud, Nasa'i, Ibnu Hibban)

Melalui hadits ini kita bisa mengetahui, bahwa meskipun kisah sedih dan seakan tragis ketika seorang ibu meninggal karena melahirkan bayinya, namun sejatinya ia memiliki kesyahidan di sisi Allah. Maasya Allah. Maka jangan berkecil hati para ibu yang sedang hamil. Keistimewaan tengah mengiringi, ketika selamat melahirkan beserta bayi, maka betapa bahagia saat itu. Namun ketika Allah menghendaki yang lain, maka kesyahidan lah nilainya.

Tak perlu takut atau khawatir berlebihan ketika mendengar kisah ibu yang meninggal karena melahirkan. Tugas kita berikhtiar secukupnya, dan bertawakkal sepenuhnya. Setiap kita memiliki jalan yang sudah Allah tentukan. Jikapun takdir yang Allah berikan atas kematian itu dalam rangka melahirkan, insyaAllah nilainya syahid.

Saya pun melahirkan dalam kondisi pandemi satu tahun yang lalu. Kondisi yang berbeda dengan kehamilan sebelum-sebelumnya, membuat kami saat itu memutuskan untuk mengikuti saran dokter melahirkan dengan operasi Caesar. Pengalaman pertama yang menegangkan tentu saja. Berada di dalam kondisi yang kita tidak tahu apakah setelah ini baik baik saja, namun di saat yang sama berusaha memasrahkannya kepada apa yang Allah kehendaki. 

Alhamdulillah, Allah masih berikan kesempatan untuk melanjutkan hidup agar menjadi lebih baik lagi sebelum kembali pada Nya.


2.       Meninggalkan Bayi yang Baru Saja Dilahirkan

Mengetahui bahwa ada bayi yang ditinggal pergi ibunya tentu saja sangat menyedihkan. Begitu pula dengan bayi Chico Hakim ini. Sebelumnya, menurut kabar temannya, Chico Hakim sempat mencari donor ASI untuk putranya ini.

Kabar seperti ini pun sempat saya dapatkan di suatu tengah malam, adik kelas saat kuliah meninggal setelah melahirkan dan meninggalkan seorang bayi yang butuh donor ASI. Sayangnya, bayi saya sudah berusia 1 tahun sedang bayi tersebut butuh ASI newborn. Alhamdulillah, tidak lama kemudian mendapat kabar bahwa sang Bayi telah mendapat donor.

Kita mungkin khawatir terhadap sesuatu, namun Allah maha mencukupkan kebutuhan makhlukNya, yakinlah akan itu. Sebagaimana telah Allah janjikan dalam Al Qur'an.

"Dan tidak satupun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat kediamannya dan tempat penyimpanannya. Semua (tertulis) dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)." Q.S. Hud : 6

      Subhanallah. Maha Suci Allah dari prasangka buruk makhlukNya. Seringkali, di saat kita bisa mengusahakan apa yang dibutuhkan, saat itu pula terkadang merasa bahwa sesuatu didapat karena usaha diri semata. Padahal, Allah lah yang mengaturnya. 

bayi chico hakim

3.       Menyimpan kenangan baik di hati saudara dan kerabat

Renungan selanjutnya adalah tentang bagaimana sang almarhum ini meninggalkan kenangan yang baik di sisi orang-orang yang mengenalnya. Dilansir dari instagram sahabat-sahabatnya, banyak ungkapan bela sungkawa dan kesan yang baik ini.

ucapan sahabat antara lain,

"Innalillahi Wa inna Illaihi Roji'un ,,Selamat jalan @citrasoeroso..kamu wanita cantik dan baik hati , Insya Allah kamu dijadikan penghuni Surga .. aamiin ya Allah. Turut berduka cita yg sedalam2nya Mas @chicohakim dan keluarga besar ,dari aku dan @riofebrian25," ujar istri Rio Febrian, Sabria Kono.

Pun kita, tentu saja ingin bagaimana ketika waktunya tiba, adalah kenangan-kenangan baik yang tertinggal di hati orang-orang yang mengenal kita. Maka perlu kita ingat untuk mengisi kehidupan kita ini dengan hal-hal baik .


4.       Dilepas dengan penuh kasih oleh Suami tercinta, semoga dengan penuh keridhoan. Terakhir, hal yang diimpikan para istri adalah meninggal dengan keridhoan sang suami. Karena keridhoan ini menjadi kunci keberhasilan, yang akan membuat seorang istri bisa masuk ke surga Nya.


chico melepas istri


Pentingnya mencari ridho suami ini Rasulullah sampaikan dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda:

“Maukah kalian aku beritahu tentang istri-istri kalian di dalam surga?” Mereka menjawab: “Tentu saja wahai Rasulullaah!” Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Wanita yang penyayang lagi subur. Apabila ia marah, atau diperlakukan buruk atau suaminya marah kepadanya, ia berkata: “Ini tanganku di atas tanganmu, mataku tidak akan bisa terpejam hingga engkau ridha.” (HR. Ath Thabarani dalam Al Ausath dan Ash Shaghir. Lihat Ash Shahihah hadits no. 3380)

Begitulah, Rasulullah kabarkan gambaran wanita wanita yang kelak menempati surga. Mereka adalah yang berusaha mencari keridhoan suaminya ssebelum menutup mata untuk tidur. Apalagi menutup mata untuk selamanya. Maka keridhoan suami menjadi sesuatu yang ingin kita dapatkan agar ketika kelak waktunya kembali ada Allah, Allah pun ridho tersebab suami telah ridho pada kita.

chico dan anaknya di makam citra


Demikian sedikit yang bisa kita sedikit renungkan tentang kepergian salah satu tokoh tanah air, Citra Soeroso yang merupakan istri dari Chico Hakim. Semoga kepergiannya bisa menyelipkan semangat di diri kita untuk terus berusaha memperbaiki diri, agar ketika kelak waktunya Allah memanggil, kita dalam keadaan husnul khotimah. aamiin 

    

Related Posts

Posting Komentar