blog mya wuryandari

Blog Plan : Strategi Agar Konsisten Blogging

Posting Komentar

 

blogplan

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillah, kemarin baru aja dapet materi tentang perencanaan blog alias blog plan. Lanjutan soal branding blogger sebelumnya ya, seseorang bisa disebut blogger apabila memiliki blog dan konsisten mengisi blognya.

Padahal yang sulit itu ya di konsitensinya itu kan, hehehe. Udah niat mau ngisi terus bingung nulis apa ya, malah nggak jadi nulis dan nggak jadi update blog. Dan begitu terus sampe ganti presiden, eh..hihihi. Nah, blog plan ini bisa menjadi strategi konsisten blogging.

Gimana caranya bisa begitu? Sini ya, ummi mya mau sharing sedikit tentang materi ini..

Apa itu Blog Plan

Jika dijabarkan per kata, maka blog plan berarti perencanaan blog. Maksudnya adalah merencanakan konten/ artikel blog dalam jangka waktu tertentu. Kalau mba marita coach kami biasanya memilah blog plan menjadi 4 tahap; yearly blog plan, monthly blog plan, weekly blog plan dan daily blog plan. Ini tergantung ya kita mau sepanjang apa buat perencanaannya.

Secara umum blog plan memiliki tujuan untuk merencanakan arah proses blogging, meliputi:
  • Target yang ingin dicapai lewat blog pada tahun/ bulan ini
  • Niche/ kategori tulisan
  • Jadwal posting dan memetakan keyword
  • Membuat outline

Manfaat Blog Plan

Coach marita menjelaskan manfaat Blog Plan antara lain
  • Membantu Teratur dan Konsisten Posting
Kalau sudah diatur, kita juga mudah menyesuaikannya dengan aktifitas keseharian kita. Membuat jadwal posting akan membantu kita lebih teratur dalam update blog; apakah 1 hari 1 post, 3x per week, dsb,
  • Merencanakan Konten yang Seimbang
Karena umumnya ada beberapa label dalam blog, maka content plan bisa membantu kita menyiapkan artikel dengan membuat sebaran yang cukup imbang soal label blog ini,
  • Menyediakan Konten yang Ditunggu Pembaca
Ketika blog tak lagi sekedar hobby, namun juga tempat berbagi, tentunya kita harus memperhatikan jenis konten apa yang disukai pembaca. Content plan membantu keyword research.
  • Tandai Hari-hari Spesial
Dengan perencanaan konten, kita bisa menyesuaikan postingan dengan hari-hari besar/ perayaan-perayaan tertentu.
  • Memilih Ide Terbaik
Content Plan membantu kita untuk memutuskan mana ide terbaik yang akan dieksekusi terlebih dahulu.
  • Tidak Ada Alasan Buntu Ide
Ketika tema-tema yang akan kita tulis sudah ada dalam genggaman, tidak ada alasan buntu ide saat proses ngeblog.
  • Mencari Postingan Lebih Cepat
Jika kita juga mencatat link postingan yang sudah tayang di dalam content plan yang kita buat, kita bisa mencari tulisan lama dengan lebih mudah.
  • Menghemat Waktu
Saat orang lain baru berpikir mau nulis apa hari ini, kita sudah punya daftar tulisan hingga seminggu, sebulan atau bahkan setahun sekalian.

Bagaimana Membuat Content Plan

Membuat content plan untuk blog bisa dengan cara berikut;

  • Manual – saya suka cara ini karena bebas bisa corat coret sesuka hati. Kekurangannya adalah media yang dipakai harus benar-benar tersimpan dengan baik ya, kalau hilang atau lupa ya, hilang juga perencanaannya, hehehe.
  • Printable/ Freebies – ini setengah manual ya, hanya saja memakai sarana digital yang kemudian diprint.
  • Digital - bisa pakai aplikasi excel/ sheet. Bikin kolom-kolom yang dibutuhkan. Satu file bisa untuk yearly blog plan, dan tiap satu sheet mewakili satu monthly blog plan.
Udah kebayang kan blog plan dan contennya seperti apa? Kalau belum, ada tips dari Coach Marita hasil belajarnya di kelas Bimbingan SEO & Adsense. Untuk mengisi content plan bulanan, kita bisa gunakan the power of keyword research. Caranya:

Sediakan dulu toolnya; extension Whatsmyserp dan SEOQuake. Pasang dua ekstensi ini di blog dulu.

Setelah toolnya siap nih, kini saatnya berburu keyword. Misal, kita punya label di blog tentang resep, dan ingin berbagi resep roti sisir. Coba deh, googling tema tersebut, lalu cek KD, volume dan CPC keyword tersebut menggunakan kedua tool yang sudah dipasang di browser.

Sebaiknya gunakan keyword yang bervolume maksimal di bawah 1000, semakin tinggi volume, semakin banyak pesaingnya.

Lalu cari keyword yang total pencarian di bawah 3juta. Sama halnya dengan volume, makin banyak jumlah pencarian untuk suatu keyword, semakin tinggi pesaingnya.

Cari juga keyword yang ber-CPC alias punya nilai klik, terutama yang sudah punya akun adsense, biar kesempatan dapat pemasukan dari sana makin besar.

Pertimbangan terakhir, gunakan KD alias keyword difficulty yang di bawah 60%.

My Weekly Content Plan

Udah tahu kan soal blog plan dan cara buatnya, nah ini contoh weekly content plan catatan belajar ummi mya ya pembelajar.

weekly plan

Ini membantu banget buat ummi yang suka pelupa kemarin mau nulis apa ya, tentang apa ya, heu heu. Karena mudah lupa itulah segala sesuatu yang akan dilakukan kudu ditulis dulu ya.. well, ini adalah contoh weekly content plan untuk blog ini;

Goals 2022

Sebagai pemula yang baru saja rapih-rapih blog setelah dibuat hamper 10 tahun yang lalu, saya rasanya ga pede untuk nulis goals yang muluk-muluk, hehehe.

Maka menjadi konsisten untuk rutin memposting tulisan saja sudah luar biasa, karena terngiang ngiang dengan kata-kata coach Marita, blogger adalah yang punya blog dan konsisten mengisi blognya, huhuhu.

Selain berusaha konsisten, saya juga berharap mulai berani mengikuti ajang lomba blog. Semoga dengan ini jadi terasah kemampuan blogging serta meningkatkan kepercayaan diri juga menambah wawasan.

goals 2022
Ya itulah teman-teman pembelajar tentang blogplan dan planning nya catatan belajar ummi mya. Semoga Allah mudahkan dan meridhoi. Aamiin.

Related Posts

Posting Komentar