blog mya wuryandari

Mak-Mak Update Bisnis Bersama FORTUNE® Indonesia

10 komentar
mak update bisnis bersama fortune indonesia

Terdepan dalam berita menjadi ciri khas mak-mak Indonesia. Iyakah? Tentu saja. Berita tentang harga-harga terbaru baik itu bahan pangan pokok, pakaian, property, sampai kabar tentang tetangga yang punya istri baru, mak lah yang biasanya tahu lebih dulu, eh..

Dengan ketajaman intuisi serta curiosity yang tinggi (yang kini lebih sering disebut kepo) mak mencari tahu berita dengan cepat, mendalam dan terpercaya. Ada saja sumbernya. Entah itu melalui googling, scrolling instagram, mak selalu update.

Namun, ada tema yang mak kadang kalah update dengan para bapak. Soal keuangan dan bisnis. Meskipun mak-mak suka sekali bahasan yang berbau uang, namun pembahasan soal keuangan dan bisnis menjadi hal nomor sekian dari daftar prioritas informasi. Kecuali harga komoditi di pasar.

Kini mak tidak perlu khawatir. Ada tempat asik dan kece untuk mak beselancar di dunia maya, yang menyediakan informasi seputar bisnis dan keuangan, Fortune Indonesia. Bukan cuma itu, ada berbagai label informasi yang cukup lengkap yang mak bisa dapat. Berita teknologi terbaru, seputar ekonomi syariah, politik, kesehatan, juga informasi dunia internasional. Bahkan tersedia pula informasi seputar barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. Lengkap banget ya, seperti tempat favorit mak belanja yang menganut prinsip ‘one stop shopping’. Ya, banyak pilihan kebutuhan informasi yang tersedia di sini. Mak bisa dapat berbagai informasi hanya dalam sebuah situs saja.

Mengapa Mak Perlu Info Ekonomi dan Bisnis?

Mak, meskipun tidak berbisnis, kita adalah pelaku ekonomi.

Pelaku ekonomi adalah seseorang, perusahaan, dan lain-lain yang berdampak pada ekonomi suatu negara, misalnya dengan membeli, menjual, atau berinvestasi
-Longman Business Dictionary-
Bagaimanapun, dalam menjalani keseharian, mak adalah juga pelaku ekonomi yang berperan penting dalam laju roda perekonomian rumah tangga. Peran rumah tangga dapat dilihat dari pemanfaatan produk, baik barang atau jasa untuk memenuhi segala kebutuhannya. Untuk mendapatkan penghasilan, rumah tangga keluarga memanfaatkan faktor produksi yaitu tenaga, untuk dijual pada rumah tangga perusahaan.

Dari pendapatan yang kita terima, kita membelanjakan pendapatan di pasar . Menabung uang di lembaga keuangan negara. Membayarkan sejumlah pajak kepada pemerintah. Sungguh, mak berperan penting dalam laju roda perekonomian negeri ini.

Untuk itulah, dalam malaksanakan peran ini, mak akan lebih terbekali dengan baik manakala memiliki wawasan yang cukup luas tentang dunia ekonomi dan bisnis di Indonesia bahkan dunia.

Kenalan dengan Fortune Indonesia

fortune indonesia

Alon alon waton kelakon, perlahan tapi pasti. One step at a time, for a better Indonesia.

Itulah pesan hangat dari para founder IDN Media, Winston Utomo dan William Utomo. Ya, Fortune telah hadir di Indonesia bersama dengan IDN Media. Fortune yang didirikan di New York pada tahun 1929 silam, hadir untuk memberikan nafas baru untuk bangkit dari keterpurukan, sekaligus menjadi sebuah simbol harapan akan hari esok yang lebih baik.

Fortune Indonesia resmi diluncurkan pada  8 Agustus 2021. Hampir 2 tahun setelah pandemi memasuki Indonesia. Seperti yang kita sering dengar mak, selama pandemi ini banyak yang terdampak secara materi. Perusahaan yang oleng, bahkan sebagian gulung tikar. Banyak sektor usaha yang kehilangan ladangnya. Pedagang sepi pembeli,  membuat produksi akhirnya menumpuk dan mandeg. Sedih ya mak..

Nah, seperti kehadirannya di New York dulu, begitu pula di negeri ini, Founder berharap  agar kehadiran Fortune di Indonesia dapat merajut harapan dan membangkitkan optimisme akan Indonesia yang lebih maju. 

Tak semata-mata hadir sebagai sumber informasi bisnis yang terpercaya atau penyedia perspektif yang mendalam, founder berharap Fortune dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia: memandang jauh ke berbagai peluang, melihat kesempatan di tengah problema, dan mengubah pejuang menjadi pemenang. 
Waah, mulia banget ya harapannya. Semoga Fortune di Indonesia mampu memberikan titik cerah bagi perekonomian negeri ini.

Fortune di Indonesia hadir dalam bentuk website dan majalah. Majalah Fortune Indonesia resmi diluncurkan pada 14 September 2021.

Berkunjung ke Website FORTUNE® Indonesia

kategori web fortune indonesia


Jangan pusing ketika memasuki web Fortune ya mak, meskipun banyak banget artikel berisi macam-macam informasi tersedia. Secara kategori, Fortune Indonesia membagi informasi yang disajikan menjadi 7 kategori, yakni;

1. Market

Kategori ini berisi berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Mak bisa update info soal saham, IPO, BEI sampe wallstreet bisa kita dapet di sini. Harga minyak goreng yang sekarang naik-naik terus ke puncak gunung itu pun dibahas di sini mak, yang ternyata melambung jauh dari harga yang ditetapkan pemerintah. Kenaikannya bahkan ada yang hingga mencapai hampir 30%.

2. Business

Bagian ini berisi berita perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi dan profil tokoh. Mak bisa mendapat informasi tentang usaha-usaha kecil menengah yang sedang berkembang, bagaimana prosesnya, perjuangannya, sehingga bisa memberikan inspirasi. Kategori ini juga memuat informasi tentang perusahaan-perusahaan swasta maupun BUMN. Mak bisa update kondisi PLN misalnya, mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di balik tagihan listrik yang naik banyak tiba-tiba, heu heu..

3. Finance

Di sini, kita bisa mendapatkan berita ekonomi, kebijakan BI, pajak, perbankan dan Asuransi. Ayo mak, siapa yang belum tau kalo biaya transfer antar bank sekarang jadi hanya Rp. 2.500 saja? Sama, saya juga bru tau karena buka Fortune Indonesia hehe. Rame-rame tentang pinjaman online ilegal pun ga lepas dari bahasan di kategori ini. Hati-hati ya mak, salah satu artikel menjelaskan tentang bahasan yang disampaikan pakar UGM bahwa perempuan rawan terjerat pinjaman online illegal ini.

4. News

Nah, kategori ini isinya macem macem banget mak, mulai dari berita politik, kesehatan, industri, energi sampai berita internasional. Berita tentang covid, vaksin, kebijakan-kebijakan pemerintah terbaru bisa kita ketahui di sini. Kabar dari dunia internasional pun juga bisa kita dapati di sini.

5. Tech

Sesuai namanya, kategori ini berisi berita tentang gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru. Jadi mak bisa update informasi tentang teknologi paling gress.

6. Sharia

Mak-mak muslimah bisa tenang.. ada kategori ini yang berisi berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. Tentu kita yang muslim selalu mencari info yang aman secara syariah kan. Oya, kabar baiknya menurut Pak Presiden, ekonomi syariah Indonesia terbesar ke-4 di dunia. 

7. Luxury

Buat mak yang ingin melihat –lihat barang mewah, bisa lah ngulik kategori yang satu ini. Isinya, berita barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. Mak bisa tahu apa jam termahal di dunia, dan berapa harganya. Juga mak bisa travelling ke berbagai temat wisata di dunia, naik kapal pesiar mewah atau staycation di hotel yang menjadi favorit wisatawan dunia, secara virtual lewat sini, hihihihi. Yang penting update ya maak.

oke, itu dulu ya sedikit ulasan tentang Fortune Indonesia ya mak, lebih lengkapnya mak bisa langsung berselancar di web nya. Banyak artikel yang akan membantu mak mendapatkan wawasan yang lebih banyak, lebih luas mengenai kehidupan ekonomi dan bisnis serta lainnya. 

selamat belajar mak, salam,

ummi mya

Related Posts

10 komentar

  1. Benr banget mbak, emak-emak jaman sekarang wajib update. Apalagi topik-topik dalam Fortune Indonesia juga variatif dengan bahasa yang mudah dipahami ;) emak-emak sekarang juga sudah mulai melek investasi, literasi digital dan paling penting emak-emak cerdas mendidik anak generasi akan datang yg unggul juga seperti cita-cita Fortune ini :)

    BalasHapus
  2. Emak-emak memang enggak ada lawan, apalagi dalam hal kabar-kabari, pokoknya terdepan mengabarkan 😅 Kehadiran Fortune ini bisa memandu keahlian emak-emak yang itu ke arah yang lebih positif 💕

    BalasHapus
  3. Kupikir Fortune tuh bener-bener cuma bahas keuangan doang, ternyata ada beragam artikel juga yaa. Mau mampir juga aah.

    BalasHapus
  4. begitu senang mendngar kabar baik, biar perekonomian bangsa kembali bangkit. fortune cukup dilirik banyak orang gede ya terutama. semoga banyak dampak ppositif dengan kehadirannya di Indonesia

    BalasHapus
  5. emak emak memang kudu melek bisnis dan keuangan. kebetulan ada fortune indonesia yang lengkap banget mengulas tentang bisnis dan keuangan.

    BalasHapus
  6. betul sekali apalagi kaum pedagang yang mengandalkan keuntungan harian, pandemi nyaris melumpuhkan banyak sektor.
    aku juga merasa bahwa fortune indonesia ini adalah langkah nyata untuk bangkit lagi, semoga perekonomian segara membaik .

    BalasHapus
  7. Mak Mak memang selalu terdepan dalam berita. Untuk berita berbau bisnis, ekonomi, dan keuangan memang harus belajar lagi dari sebuah media yang terpercaya. So, mak mak tetap bisa keren dengan tujuh kategori Fortune.

    BalasHapus
  8. Emak-emak engga boleh kudet nih. Walaupun tentang ekonomi bisnis, wajib menambah wawasan. Aku paling suka kepon Luxury tuh...Boleh dong ngayal...

    BalasHapus
  9. Cocok jadi bacaan setiap hari. Apalagi yang tentang Luxury, siapa tahu bisa nular.

    BalasHapus
  10. Nah betul, emak juga harur melek informasi biar ngga kudet yaaa.. bacaannya juga kece. Fortune heheh

    BalasHapus

Posting Komentar