blog mya wuryandari

Istiqomah Vs Istirahat

Posting Komentar
Sebenernya judulnya ga nyambung2 amat sih ya..cuma biarin lah...buat ingetin diri ini...mau istiqomah apa istirahat? Hehehe...kya meme d pic nya nanti...

Kmrn itu alhamdulillaah berkesempatan nemenin ibu2 blajar baca Qur'an.. Yg masih awal2 jilid ga sampe jilid 5 ..

Saya sih belum punya sertifikat apapun sebagai pengajar...cm krn blm dpt guru yg bisa wktunya hayuklah ...ta temeni...klo msh jilid insyaAllah msh berani...๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Ternyata yg blajar bru 1..yg ngajarin ada 2 hehe...gpapa ya.. gapapalah....๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

alhamdulillaah stelah ngaji...kemudian salah seorang ibu majlis taklim yg ikut ngajarin juga sharing ttg pengalamannya menghafal al quran..

Awalnya saya yg minta dicritani..karna tadinya sy ditodong ngasih taujih...(ngeles gituh ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚) ga dink...saya emang kepo pengen tahu krn blio pnah bilang menghafal tanpa menghafal...

Jd bgini critanya...si ibu ini bekerja..sebagai pustakawan d salah satu universitas.. Beliau ini sdg semangat menghapal quran...klo bacanya alhamdulillah sudah lancar...nah bermula dr anaknya yg di sekolah juga semangat menghafal al quran mulailah beliau semakin tergerak untuk bersemangat menghafal Al Quran..

Ketika menghafal...si ibu ini stress...kenapa tdk masuk2 itu hapalan...susah bgt katanya...tp syukurlah blio ga putus asa..browsing2 teknik menghafal...baca buku ttg bagaimana menghafal ..akhirnya sampailah pd kunci yg diyakininya saat ini: menghafal tanpa menghafal...caranya tiap ayat dibaca berulang2...selalu mendengarkan murottal ayat yg sedang dihafal (sederhana aja ya caranya) dan...murojaah di waktu sholat...dibaca saat sholat fardhu berulang2 hingga kalo bahasanya si ibu "ayat2 itu keluar sendiri dari mulutnya"

masyaAllah...barakallaah...

mendengar cerita si ibu teringatlah sy akan ayat Allah d QS al qiyamah:16-17
"jangan engkau (muhammad) gerakkan lidahmu (untuk membaca alQur'an) karena hendak cepat-cepat (menguasainy). Sesungguhnya Kami yang akan mengumpulkannya (di dadamu) dan membacakannya"

Nah, yang buat menampar nampar diri ini adalah usaha si ibu...yg pantang menyerah ketika mndpt kesulitan...Si ibu bercerita...di kantor beliau pun diamanahi pekerjaan yang memberikan waktu luang cukup untuk bs dimanfaatkan...ketika ada sela..komputernya yg mmg online itu ..buka murottal dan buka Al Qur'an...di saat teman2 lainnya lebih memilih buka pesbuk or medsos lainnya (plakkkk ๐Ÿ˜ซ)  (klo IRT bilang enak d kantor ad istirahatnya...nah...slm msh smpet cek wa..pesbuk dll brarti jg bisa dunk ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚)
dan selalu yakin akan pertolongan Allah..beliau pun mengatakan "saya seperti dimudahkan sama Allah...ada guru ngaji yang mau ngajarin di kantor...ketemu sm org2 yg mau ngajarin...seakan2 datang kemudahan bertubi2..."

Lalu kpala sy terngiang ngiang sebuah hadits qudsi yg artinya :
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Allah Ta'ala berfirman : "Aku menurut sangkaan hambaKu kepadaKu, dan Aku bersamanya apabila ia ingat kepadaKu. Jika ia ingat kepadaKu dalam dirinya maka Aku mengingatnya dalam diriKu. Jika ia ingat kepadaKu dalam kelompok orang-orang yang lebih baik dari kelompok mereka. Jika ia mendekat kepadaKu sejengkal maka Aku mendekat kepadanya sehasta. jika ia mendekat kepadaKu sehasta maka Aku mendekat kepadanya sedepa. Jika ia datang kepadaKu dengan berjalan maka Aku datang kepadanya dengan berlari-lari kecil". (HR Bukhari)

Subhanallah...Allah tidak pernah ingkar atas janjiNya..Dia lah Sang Mu'iid...yang Maha Menepati Janji

Maka ini soal tekad... Soal sudah sejauh apa kita mengupayakan ridho Allah sehingga Allah pun ridho pada kita... Apakah sejengkal..sehasta...apakah berjalan...berlari atau diam saja...atau bahkan berlari justru menjauh (naudzubillaahimindzalik๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ)

Bgtulah catatan mengaji kemarin...niat awalnya mau ngajarin...etapi sy malah yg diajarin wkwkwk....alhamdulillaah..rejeki...

Menjd pengingat saya bahwa mempelajari al quran tdklah sulit seharusnya...karna Allah sudah tegskan dlm al Quran sndri bahwa "dan sungguh, telah Kami mudahkan al Qur'an untuk peringatan,maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?"

Yang sulit adalah istiqomah...istiqomah dalam menjaga semangat belajar...istiqomah belajar...

Wahai ibu...jazakillahu khoiron katsiro atas sharingnya...sungguh menyemangati...smoga Allah menjaga keistiqomahan kita dalam mencari ridhoNya ..aamiin




Related Posts

Posting Komentar