blog mya wuryandari

Semua Bisa Berkonten Ria Bersama IndiHome

Posting Komentar
berkonten-ria-bersama-IndiHome

Kembali lagi nih sama ummi mya bahas karya dan internet. Hehe jangan bosen ya, karena kebetulan akhir-akhir ini, bersinggungan soal konten mengonten, hehe.

Teknologi memang seperti pisau bermata dua, ia membawa kebaikan juga bahaya bersamaan. Karenanya, perlu bijak dalam menggunakannya. 

Pun dengan media sosial belakangan ini. Tidak sedikit yang menggunakannya sebagai wadah berkarya hingga berpenghasilan, meski masih banyak juga yang hanya berselancar untuk melihat-lihat.

Berkaitan dengan media sosial saat ini yang udah nggak bisa lepas banget dari keseharian umat manusia, apalagi generasi sekarang. Maka menjadi tantangan pula para penyeru kebaikan untuk berupaya berbagai cara dan sarana dalam menyampaikannya. Termasuk melalui media sosial.

Selain itu, semakin banyak saat ini yang menjadikan media sosial sebagai sumber penghasilan. Tidak hanya yang tinggal di kota, semakin terjangkaunya internet provider di pelosok-pelosok desa, maka semakin beragam pula hal yang bisa dibagi. Karena tiap wilayah unik dan memiliki ke-khas-an nya masing-masing, konten dunia maya pun semakin menarik untuk dilihat.

Karena konten media sosial sungguh menarik bagi pemuda pemudi, maka saat ramadhan kemarin, majelis taklim kami sempat mengadakan kompetisi konten bagi para remaja di komplek. Ternyata animo peserta cukup baik. Meski masih mentahan karena baru belajar ngonten, jadi kepikiran nih untuk memberikan fasilitas sebagai awalan perkenalan dunia konten creator kepada mereka. Biar ngga lupa, ummi mya catat di sini dulu deh bahasan soal konten creatornya.

Apa dan Mengapa Menjadi Konten Kreator

Pertama, mari kita bahas sebenarnya apa sih konten creator dan mengapa perlu menjadi salah satunya?

Arti gampangnya, kontent creator adalah pembuat konten, atau orang yang membuat konten. Konten yang dibuat kemudian disebar ke berbagai platform media sosial yang tersedia, seperti Facebook, YouTube, Instagram, atau Tiktok.

Namun, sebenarnya lebih dari itu, mereka bukan hanya sekadar pencipta konten semata, karena sebagai pembuat konten, seseorang biasanya telah memilih preferensi topik bahasan yang diambil. Maka bisa jadi ia sudah lebih paham tentang konten yang dibahasnya.

Lanjut ya, sekarang kita bahas tentang apa saja sih keuntungan jadi konten creator, supaya kamu bisa punya big why nih kenapa memilih jadi konten creator.

mengapa konten creator

1. Menyalurkan Passion


Tiap orang memiliki passion yang berbeda, di dunia konten ini, kita akan mengeksplor minat serta bakat yang dimiliki sehingga akan bertemu dengan passion yang sesuai dengan diri kita. Selain menemukan, kita juga bisa mengeksplor serta menyalurkannya.

Kita bisa menyalurkan ide, pemikiran, perasaan, mengolahnya menjadi sesuatu yang pantas untuk dilihat dan dibagikan.

2. Berbagi Pengetahuan, Berbagi Kebaikan

Tidak semua orang memiliki pengetahuan yang sama, karenanya berbagi pengetahuan adalah sesuatu yang mutlak diperlukan, jika kita bisa mendapat pengetahuan dari konten orang lain, maka saatnya berbagi apa yang kita tahu dan pahami melalui konten yang kita buat. Berbagi akan membuat kita semakin kaya akan pengetahuan. Kita bisa menggali topik yang kita sukja atau kuasai dan membahasnya lebih dalam.

Misalnya, ada yang suka sekali dengan bus, maka bisa berbagi pengetahuan tentang bus lebih banyak, tentang jenis-jenisnya, rutenya, harga tiketnya, mesin yang dipakainya, fasilitasnya. Bisa jadi ini sangat berguna untuk para traveller yang lebih suka memilih bus untuk moda transportasi mereka.

Dengan begitu kita pun bisa berkesempatan mendapat nilai-nilai kebaikan dari apa yang sudah kita bagi. Bermanfaat untuk orang lain.

3. Membangun networking


Menjadi konten kcreator tidak hanya membuat networking kita dengan follower di media sosial saja, tapi bisa juga dengan konten creator lain atau komunitas bersama bidang yang kita geluti. Ini akan membuat kita berkesempatan mendapat banyak hal, termasuk pengetahuan-pengetahuan baru, teman baru, pengalaman seru dan lainnya.

4. Mengasah kemampuan berfikir kreatif


Karena kointen creator adalah bagaian dari pekerja kreatif, maka kemampuan berpikir kreatif adalah modal utama. Namun kemampuan ini tentu saja akan berkembang terus, dan menjadi konten creator akan menuntut kita mengasah kemampuan berfikir kreatif kita. Sudah siap kah? Yuk..semangat

5. Menghasilkan uang

Tentu saja, jika digeluti dengan konsisten, pada akhirnya karya-karya akan bernilai dan mampu menghasilkan uang. Dari yang awalnya hoby atau suka-suka saja, bisa jadi konten-konten yang dihasilkan akan menjadi sumber penghasilan. Banyak kan konten creator yang sudah profesional dan menghasilkan banyak uang. Nah, kalo mereka bisa, kita juga insyaAllah bisa ya.

Hal yang dibutuhkan menjadi konten kreator

yang dibutuhkan konten creator


Ada yang perlu kita perhatikan nih pembelajar sebelum semangat memulai menjadi konten creator. Nah ini lah diantaranya;

1. Riset dan analisis


2. Content planning


3. Menulis kreatif


4. Fotografi dan atau videografi


5. editing


6. Pemahaman akan tools


Berkarya di Mana Saja dengan IndiHome

indihome


Dengan eksplorasi di atas, gimana nih, sudah siap memulai menjadi konten creator? Jangan lupa, ketika memulai berkonten ria di media sosial, maka kita butuh jaringan internet yang memadai. Bersyukur di Indonesia ada provider internet yang cukup handal dari Telkomsel Indonesia. IndiHome.

Layanan internet IndiHome menggunakan jaringan fiber optik dan tersebar di seluruh negeri dengan pilihan kecepatan Internet unlimited hingga 300 Mbps. Itulah mengapa, selain cepat, akses internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca, cocok banget kan dengan cuaca akhir-akhir ini yang terkadang cukup ekstrim.

Untuk kita yang tinggal di daerah perbukitan, sinyal kadang timbul tenggelam, membuat koneksi terputus, pengiriman terlambat, bahkan mengunduh berkas pun sulit. Namun dengan IndiHome dan jaringan Telkomsel Indonesia yang cepat dan stabil.

Paket yang ditawarkan juga cukup beragam sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Modem yang digunakan bisa untuk membuat jaringan hotspot WiFi. Sehingga anggota keluarga bisa ikut terhubung di jaringan tersebut dengan akses melalui gadget masing masing, bisa smartphone, PC atau laptop.

Sistem pembayaran yang mudah serta dapat dilakukan di mana saja juga menjadi keunggulan IndiHome lainnya. Kemudahan membayar menjadikan penggunaan layanan internet semakin mudah diakses. 

Related Posts

Posting Komentar